PEMILIHAN
DAN PEMAMFAATAN ALAT PERMAINAN DALAM PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL
A. Pengertian
Perkembangan
emosi sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial, walaupun masing-masing
ada kekhususannya. Yang berkaitan dengan emosi adalah perhatian,pujian, dan
lain-lain.sedangkan aspek sosial adalah interaksi yang lancer antara guru dan
murid. Penguasaan emosi pada anak banyak tergantung pada faktor-faktor
kematangan anak itu sendIri. Menurut Hurlock (1995) pola permainan
mengendalikan emosi anak adalah permainan yang bernuansa sosial yaitu pola
permainan yantu yang melibatkan orang lain atau teman secara penuh.
Contoh dari
perkembanga emosi adalah perkembangan rasa sabar, ketelitian, bahagia, ulet dan
lainnya.
Contoh dari
perkembangan sosial adalah sikap saling menghargai, berbagi dan lainnya.
B. Jenis-jenis
alat / media yang digunakan
1.
Komiteku
2.
Puzzle lantai
3.
Pembangunan gedung
di area balok
4.
Petualangan
pirates
5.
Wahhh..banjir
lagi
a. Komiteku
1.
Bahan:
Ø Map kerja kecil
Ø Kertas serta pensil
Ø Sebuah gambar yang akan mereka pecahkan bersama
Ø Kartu nama dan jabatannya dalam komite
Ø Balok
2.
Cara membuat:
Ø ubahlah suasana kelas menjadi suasana digedung MPR
Ø beri mereka kartu nama dan map kerja kecil yang isinya
sebuah kertas dan pensil.
3.
Cara menggunakan
alat:
Ø Berikan anak sebuah gambar yang perlu mereka kerjakan
bersma seperti gambar jembatan yang perlu mereka bangun dengan balok.
Ø Mintalah satu anak yang mungkin perkembangan bahasanya
lebih daripada yang lain untuk memimpin rapatnya dan membicarakan masalahnya.
Ø Anggota yang lain nantinya akan memberikan saran
seperti kita akan bangun jembatanya diatas meja atau ada mungkin yang akan
bertanya berapa banyak baloknya dan sebagainya.
Ø Anak nantinya akan membagi tugas seperti yang akan
membawakan baloknya atau yang akan membuat konstruksinya dan lainnya.
Ø Setelah diputuskan dalam rapat akan dibangunnya
jembatan anak mulai membangun jembatan bersama sesuai dengan pembagian tugas
mereka tadi.
4.
Keuntungan:
Ø Akan akan mengetahui tentang bagaimana suatu susunan
keorganisasian
5.
Kelemahan:
Ø Anak akan bosan dengan diskusi yang dilaksanakan ini
terlebih bagi anak yang kurang mampu mengeluarkan pendapatnya
b. Puzzle
lantai
1.
Bahan:
Ø Puzzle lantai besar
2.
Cara membuat:
Ø Susunlah secara acak dilantai agar nantinya disusun
oleh anak
3.
Cara menggunakan
alat:
Ø Minta anak untuk berkelompok memainkannya
Ø Setiap anak memegang 1 potongan puzzle lantai
Ø Mereka diminta untuk berkompromi mana yang akan duluan
diletakan agar menjadi gambar yang utuh.
Ø Bimbinglah anak agar dia dapat bekerja sama dan
memusyawarahkan yang akan mereka kerjaan.
4.
Keuntungan:
Ø Anak dapat menentukan bagaimana menyelesaikan puzzle
sederhana dan pengembangan saling menghargai anak dapat berjalan lancear
5.
Kelemahan:
Ø Anak cepat bosan karena dia akan menunggu lama
temannya yang berfikir dimana akan dia letakkan puzzlenya
c. Pembangunan
gedung diarea balok
1.
Bahan:
Ø Balok
Ø Kipas angin
2.
Cara membuat:
Ø Persiapkan berbagai macam balok berbagai bentuk
sebanyak mungkin
3.
Cara menggunakan
alat:
Ø bagi anak menjadi 2 kelompok kemudian bagikan semua
balok
Ø minta anak untuk bekerja sama membuang sebuah gedung
yang tinggi yang tahan bila ditiup angin
Ø perhatikan semua anak harus ikut berpatisipasi
membangun gedung
Ø setelah gedung selesai hidupkanlah kipas angin pada
gedung tersebut bila roboh minta anak untuk berdiskusi bagian mana yang kurang
kokoh atau konstruksinya kurang tepat.
4.
Keuntungan:
Ø Anak akan berusaha bagaimana bangunannya akan bertahan
kokoh dari tiupan angin
5.
Kelemahan:
Ø Anak yang cepat bosan akan menganggu konstruksi yang
dibangun oleh teman lainnya yang membangun sungguh-sungguh
d. Pertualangan
pirates
1.
Bahan:
Ø Kertas besar yang telah terbuat sebuah jalan petunjuk
atau peta
Ø Kotak besar
Ø Kaca pembesar
Ø Papan-papan petunjuk menuju kotak
Ø Kostum bajak laut bila ada
2.
Cara membuat:
Ø Isilah kotak dengab berbagai mainan yang disenangi
anak atau makanan.
Ø Pasangkanlah papan petunjuk jalan tersebut disekitar
ruangan yang dijadikan tempat mencari harta karun
3.
Cara menggunakan
alat:
Ø Minta anak untuk menggelar peta mereka dimeja besar
dan masing-masing anak mengutarakan misinya
Ø Anak bekerjasama dengan temannya untuk mencari kotak harta
karun anak yang satu mencari jejak dan yang lain membaca petunjuk yang lainnya
lagi membaca peta dan sebagainya.
Ø Bila telah ditemukan bukalah kotak tersebut lalu minta
anak untuk membagi isinya dengan temannya yang telah membantu.
4.
Keuntungan:
Ø Qakan akan mengerti dengan peta dan bagaimana cara
menempatkan langkah yang prioritas
5.
Kelemahan:
Ø Anak yang kurang mendengarkan instruksi akan
e. Wahh….
Banjir lagi
1.
Bahan:
Ø Pasir mainan, sekop plastic
Ø Karung-karung kecil
Ø Kertas gambar
Ø Pensil gambar dan lem
2.
Cara membuat:
Ø Buat gambar seoerti sedang ada banjir lalu tempel di
dinding
3.
Cara menggunakan
alat:
Ø Minta anak untuk bekerjasama memasukkan pasir kedalam
karung anak yang satu memegang karung dan satunya lagi memsukkan pasir
Ø Bersama mereka mengangkat karung pasir dan menyusunnya
agar air banjir tidak masuk ke kelas mereka
Ø Minta anak untuk melakukan hal itu berulang sampai
terbangun tanggul kecil untung menahan banjir.
Ø Bila telah selesai minta mereka untuk saling berterima
kasih pada temannya dan memberikan pelukan hangat.
4.
Keuntungan:
Ø Anak akan mengerti bagaimana bila terjadi banjir
sebenarnya dan apa yang harus mereka lakukan
5.
Kelemahan:
Ø Anak akan cepat bosan karena akan melakukan hal yang
hamper sama saja nantinya dan bagi anak yang tidak mampu mengangkat karng akan
sedikit kesulitan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar