Kamis, 13 Desember 2012

jenis alat permainan untuk perkembangan emosi dan sosial AUD


PEMILIHAN DAN PEMAMFAATAN ALAT PERMAINAN DALAM PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL
        A. Pengertian
Perkembangan emosi sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial, walaupun masing-masing ada kekhususannya. Yang berkaitan dengan emosi adalah perhatian,pujian, dan lain-lain.sedangkan aspek sosial adalah interaksi yang lancer antara guru dan murid. Penguasaan emosi pada anak banyak tergantung pada faktor-faktor kematangan anak itu sendIri. Menurut Hurlock (1995) pola permainan mengendalikan emosi anak adalah permainan yang bernuansa sosial yaitu pola permainan yantu yang melibatkan orang lain atau teman secara penuh.
Contoh dari perkembanga emosi adalah perkembangan rasa sabar, ketelitian, bahagia, ulet dan lainnya.
Contoh dari perkembangan sosial adalah sikap saling menghargai, berbagi dan lainnya.
B.     Jenis-jenis alat / media yang digunakan
1.      Komiteku
2.      Puzzle lantai
3.      Pembangunan gedung  di area balok
4.      Petualangan pirates
5.      Wahhh..banjir lagi

a.     Komiteku
1.      Bahan:
Ø  Map kerja kecil
Ø  Kertas serta pensil
Ø  Sebuah gambar yang akan mereka pecahkan bersama
Ø  Kartu nama dan jabatannya dalam komite
Ø  Balok
2.      Cara membuat:
Ø  ubahlah suasana kelas menjadi suasana digedung MPR
Ø  beri mereka kartu nama dan map kerja kecil yang isinya sebuah kertas dan pensil.
3.      Cara menggunakan alat:
Ø  Berikan anak sebuah gambar yang perlu mereka kerjakan bersma seperti gambar jembatan yang perlu mereka bangun dengan balok.
Ø  Mintalah satu anak yang mungkin perkembangan bahasanya lebih daripada yang lain untuk memimpin rapatnya dan membicarakan masalahnya.
Ø  Anggota yang lain nantinya akan memberikan saran seperti kita akan bangun jembatanya diatas meja atau ada mungkin yang akan bertanya berapa banyak baloknya dan sebagainya.
Ø  Anak nantinya akan membagi tugas seperti yang akan membawakan baloknya atau yang akan membuat konstruksinya dan lainnya.
Ø  Setelah diputuskan dalam rapat akan dibangunnya jembatan anak mulai membangun jembatan bersama sesuai dengan pembagian tugas mereka tadi.
4.      Keuntungan:
Ø  Akan akan mengetahui tentang bagaimana suatu susunan keorganisasian
5.      Kelemahan:
Ø  Anak akan bosan dengan diskusi yang dilaksanakan ini terlebih bagi anak yang kurang mampu mengeluarkan pendapatnya
b.    Puzzle lantai
1.      Bahan:
Ø  Puzzle lantai besar
2.      Cara membuat:
Ø  Susunlah secara acak dilantai agar nantinya disusun oleh anak
3.      Cara menggunakan alat:
Ø  Minta anak untuk berkelompok memainkannya
Ø  Setiap anak memegang 1 potongan puzzle lantai
Ø  Mereka diminta untuk berkompromi mana yang akan duluan diletakan agar menjadi gambar yang utuh.
Ø  Bimbinglah anak agar dia dapat bekerja sama dan memusyawarahkan yang akan mereka kerjaan.
4.      Keuntungan:
Ø  Anak dapat menentukan bagaimana menyelesaikan puzzle sederhana dan pengembangan saling menghargai anak dapat berjalan lancear
5.      Kelemahan:
Ø  Anak cepat bosan karena dia akan menunggu lama temannya yang berfikir dimana akan dia letakkan puzzlenya
c.      Pembangunan gedung diarea balok
1.      Bahan:
Ø  Balok
Ø  Kipas angin
2.      Cara membuat:
Ø  Persiapkan berbagai macam balok berbagai bentuk sebanyak mungkin
3.      Cara menggunakan alat:
Ø  bagi anak menjadi 2 kelompok kemudian bagikan semua balok
Ø  minta anak untuk bekerja sama membuang sebuah gedung yang tinggi yang tahan bila ditiup angin
Ø  perhatikan semua anak harus ikut berpatisipasi membangun gedung
Ø  setelah gedung selesai hidupkanlah kipas angin pada gedung tersebut bila roboh minta anak untuk berdiskusi bagian mana yang kurang kokoh atau konstruksinya kurang tepat.
4.      Keuntungan:
Ø  Anak akan berusaha bagaimana bangunannya akan bertahan kokoh dari tiupan angin
5.      Kelemahan:
Ø  Anak yang cepat bosan akan menganggu konstruksi yang dibangun oleh teman lainnya yang membangun sungguh-sungguh
d.    Pertualangan pirates
1.      Bahan:
Ø  Kertas besar yang telah terbuat sebuah jalan petunjuk atau peta
Ø  Kotak besar
Ø  Kaca pembesar
Ø  Papan-papan petunjuk menuju kotak
Ø  Kostum bajak laut bila ada
2.      Cara membuat:
Ø  Isilah kotak dengab berbagai mainan yang disenangi anak atau makanan.
Ø  Pasangkanlah papan petunjuk jalan tersebut disekitar ruangan yang dijadikan tempat mencari harta karun
3.      Cara menggunakan alat:
Ø  Minta anak untuk menggelar peta mereka dimeja besar dan masing-masing anak mengutarakan misinya
Ø  Anak bekerjasama dengan temannya untuk mencari kotak harta karun anak yang satu mencari jejak dan yang lain membaca petunjuk yang lainnya lagi membaca peta dan sebagainya.
Ø  Bila telah ditemukan bukalah kotak tersebut lalu minta anak untuk membagi isinya dengan temannya yang telah membantu.
4.      Keuntungan:
Ø  Qakan akan mengerti dengan peta dan bagaimana cara menempatkan langkah yang prioritas

5.      Kelemahan:
Ø  Anak yang kurang mendengarkan instruksi akan
e.      Wahh…. Banjir lagi
1.      Bahan:
Ø  Pasir mainan, sekop plastic
Ø  Karung-karung kecil
Ø  Kertas gambar
Ø  Pensil gambar dan lem
2.      Cara membuat:
Ø  Buat gambar seoerti sedang ada banjir lalu tempel di dinding
3.      Cara menggunakan alat:
Ø  Minta anak untuk bekerjasama memasukkan pasir kedalam karung anak yang satu memegang karung dan satunya lagi memsukkan pasir
Ø  Bersama mereka mengangkat karung pasir dan menyusunnya agar air banjir tidak masuk ke kelas mereka
Ø  Minta anak untuk melakukan hal itu berulang sampai terbangun tanggul kecil untung menahan banjir.
Ø  Bila telah selesai minta mereka untuk saling berterima kasih pada temannya dan memberikan pelukan hangat.
4.      Keuntungan:
Ø  Anak akan mengerti bagaimana bila terjadi banjir sebenarnya dan apa yang harus mereka lakukan

5.      Kelemahan:
Ø  Anak akan cepat bosan karena akan melakukan hal yang hamper sama saja nantinya dan bagi anak yang tidak mampu mengangkat karng akan sedikit kesulitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar